DKM AN-NAHL FKH IPB
Inspiration Vet Muslim

Dakwah?? Antara Kemauan Vs Keberuntungan

December 24th 2011 in Syiar, Tausiah

Wah subhanallah ya ternyata tahun baru akan tiba, dan tiba saatnya memilki jiwa yang baru untuk berkarya lebih baik lagi !! ^_^

Kali ini sahabat veteriner, DKM AN-NAHL akan membahas terkait Dakwah loh…Jadi sebenernya

Dakwah itu apa ya?
Ehm Jadi Dakwah itu lebih mudah dipahami Mengajak manusia kepada Allah dengan hikmah dan nasihat yang baik, sehingga mereka meninggalkan thaghut dan beriman kepada Allah agar mereka keluar dari kegelapan jahiliyah menuju cahaya islami. Mungkin dalam tataran teknisnya mengajak kebaikan namun tetap dalam kerangka Islam. Sebenernya mengajak untuk kebaikan itu sudah sering kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari, namun berbeda halnya dengan dakwah. Pada hakikatnya memang mengajak kebaikan atau berdakwah apabila kita lakukan maka akan mendapatkan amal pahala, plus berdakwah adalah kehidupan yang berkah, Ridha Allah, Rahmat Allah, Cinta Allah, Pahala yang tak pernah putus hinggga Pahala yang dilipatgandakan. Wah mau tak??.

Mengapa harus Berdakwah ??
Dakwah sendiri tidaklah lahir tiba-tiba dizaman modern ini, namun dakwah ini sudah dilakukan oleh Nabi dan Rasul, termasuk Rasullullah Muhammad saw, justru zaman dulu perjuangan orang-orang yang mengajak pada kebenaran sangatlah susah karena sarana dan fasilitas zaman dulu tidaklah selengkap saat ini, yang sekali Click saja kita bisa melihat dunia . Namun kita harus melihat Firman Allah :
“Dan Kami tidak mengutus engkau (Muhammad), melainkan kepada umat manusia sebagai pembawa berita gembira dan sebagai pemberi peringatan, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui” (Saba [34] : 28)
“Katakanlah (muhammad) : “Jika kamu mencintai Allah , ikutilah aku, niscaya Allah mencintaimu dan mengampuni dosa-dosamu. Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang” “(Ali-Imran [30] : 31)

jadi sebagai suritauladan kita Nabi Muhammad saw menyebarkan Islam pertama kalinya adalah dengan cara berdakwah sebagaimana pada surat Saba[3];:28 , Sehingga pada surat Ali Imran [30] : 30 , dijelaskan sedikit bahwa Jika Kita ingin mencitai Allah, maka ikutilah apa yang dilakukan oleh Nabi Muhammad saw yakni berdakwah yang kemudian balasan yang diberikan adalah Allah akan mencintaimu pula dan mengampuni dosa-dosa mu.
Firman Allah yang menjadi landasan terkuat untuk kita berdakwah adalah

“Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar; mereka adalah orang-orang yang beruntung. (QS. Ali Imran[30]:104)

Dalam sudut pandang penulis, takdir tidaklah mungkin diketahui oleh siapapun selain Allah swt, termasuk hari esok yang belum kita tahu apakah masih diberi kenikmatan seperti saat ini atau berhenti pada titik yang kita sendiri belum mempersiapkannya, sehingga pada akhir ayat tersebut“…mereka adalah orang-orang yang beruntung”, Beruntung disini adalah salahsatu buah dari manfaat Dakwah yang telah dijelaskan pada surat Ali Imran [30]:30 yang diakhir ayatnya “…niscaya Allah mencintaimu dan mengampuni dosa-dosamu. Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang”

Jadi mulai dari sekarang Yuk berdakwah !!
Wallahu a’lam bishshawab, wassalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Syiar DKM AN-NAHL
“ Selalu dihati “
Cp: Viqi 08568283491

Share

One comment to...
“Dakwah?? Antara Kemauan Vs Keberuntungan”
Avatar
annahl

Subhanallah yah


Terapi Stress

Allah tidak akan memberikan beban hidup seseorang, melainkan menurut kadar kemampuannya

Pada saat memberikan kuliah tentang Manajemen Stress, Stephen Covey mengangkat segelas air dan bertanya kepada para mahasiswanya: “Seberapa berat menurut anda kira-kira segelas air ini?” Para mahasiswa menjawab mulai dari 200 gr sampai 500 gr. “Ini bukanlah masalah berat absolutnya, tapi tergantung berapa lama […]

Share
Previous Entry

DKM AN-NAHL mengajak civitas FKH bersama-sama membangun kebaikan dan nuansa islam yang ada dilingkungan khususnya FKH melalui agenda Strategis berwawasan, intelektual dan Madani yang berada di dalam kordinasi Departemen DKM AN-NAHL 1433 H ” Veteriner Madani ” :

1. Syiar :
Departemen yang membidangi Syiar Islam Kreatif ini akan menjadi tombak penyebaran pemikiran dan nuansa Islam melalui […]

Share
Next Entry

Archives