DKM AN-NAHL FKH IPB
Inspiration Vet Muslim

Sholat Subuh tepat waktu?? Manfaatnya Yess bangetz?!!

December 27th 2011 in Tausiah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Semangat kah hari ini sahabat veteriner??, pasti donk kan mau Ujian Akhir Semester….\^_^/ , Kali ini sahabat veteriner, kami akan membedah terkait Sholat Subuh dan Mengapa kita harus tepat waktu….

DKM An-Anahl mengambil referensi dari “Buku Sulitkah Shalat Subuh tepat Waktu?” karya Samir Al-Qarny bin Muhammad Riziq

Mengapa kita mengutamakan Shalat dari pada kegiatan lain?

Landasan berfikirnya adalah :

“Sesungguhnya amalan pertama yang dihisab dari seorang hamba pada hari Kiamat adalah shalatnya. Jika shalatnya baik, maka sungguh dia telah sukses dan selamat . Jika shalatnya rusak , maka sungguh dia telah gagal dan merugi. Apabila ada yang kurang dari amalan fardhunya, maka Rabb tabaraka wa ta’alaberfirman, “Lihatlah, apakah hamba-Ku punya amalan sunnah untuk menyempurnakan kekurangan yang terjadi pada amalan fardhunya?” Kemudian semua amalanya pun diperlukan seperti itu” ( Shahih sunah At Tirmidzi no.414)

Ternyata amalan yang pertama kali akan dihisab atau diambil oleh Allah dari kita adalah Shalat yang kita telah lakukan di Dunia ini dan apabila kewajiban kita (Fardhu) masih ada yang kurang alias bolong, maka Allah akan mengambil nya dari amalan sunnah-sunnah yang telah kita lakukan juga untuk menutupi kekurangan yang ada di kita, sehingga terakhir dari hadits tersebut adalah “…semua amalannya pun diperlukan ..” yang menandakan semua amalan kewajiban dan sunnah yang telah kita lakukannya di dunia akan dihitung dan dihisab walau sekecil biji zharah (biji sawi).

Allah berfirman : “Dan orang-orang yang memelihara shalatnya.Mereka itulah orang-orang yang akan mewarisi; (yaitu) yang akan mewarisi surga Firdaus. Mereka kekal di dalamnya.” (Al-Mu’minun[23]: 9-11)

Subhanallah sesuatu bangets!, hanya cuma menjaga saja kita sudah dijanjikan akan mendapatkan surga Firdaus, surga paling Top of the Top dari banyak surga yang ada.mau tak??

Tidak hanya itu sahabat Veteriner ternyata Shalat dapat juga dapat mencegah dan menghapus dosa kita loh…

Allah berfirman : “Dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaanya dari ibadah-ibadah yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kalian kerjakan” (Al-Ankabut[29]: 45)

dan juga Allah berfirman : “Dan dirikanlah shalat itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada  permulaan malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat” (Hud[11]:114)

Wah-wah sudah jelas yah ternyata bahwa shalat itu wajib bagi kita karena terkait amalan yang pertama dihisab di hari akhir dan Balasan bagi orang-orang yang menjaga Shalatnya adalah Surga Firdaus serta dapat mencegah perbuatan keji dan menghapus dosa kita…Subhanallah sesuatu banget?!…..

Ehm terus Shalat Subuhnya??

Ya..ya…sabar, sahabat veteriner pasti sebagian besar dari kita sulit bangun tidur di pagi hari kan?? Dengan alasan berbagai macam, mengakibatkan Shalat subuhnya telat atau kesiangan.

Nah kali ini DKM An-Nahl akan berbagi Tips ampuh, Cekidot!

  1. Tinggalkan Maksiat
  2. Tidur lebih awal. Adalah Nabi Muhammad saw tidak menyukai tidur sebelum shalat Isya’ dan mengobrol sesudahnya
  3. Tidur dalam keadaan suci misalkan berdzikir
  4. Tidur pada sisi tubuh bagian kanan (miring ke arah kanan) dan senatiasa berdzikir khususnya dzikir sebelum tidur
  5. Membaca ayat kursi
  6. Berniat bangun untuk melaksanakan shalat subuh
  7. Menggunakan alat bantu yang dapat membangunkan kita
  8. Segera bangun ketika terdengar berkumandang adzan
  9. Sebelum semua yang telah disebutkan di atas, terlebih dulu harus merendahkan diri dan berdoa kepada Allah

Doa dari Nabi Muhammad saw kpd Mu’adz : “ Ya Allah, tolonglah hamba agar bisa berdzikir kepada Mu, bersyukur kepada Mu dan beribadah dengan baik kepada Mu”

Nah Insyallah bangunnya tepat dan tepat juga deh shalat subuhnya……

Jadi apa sih manfaatnya sampai kita disuruh tepat waktu shalat subuh ??

Ok sahabat veteriner yang sudah tidak sabar, ternyata Allah menyuruh kita untuk bangun dan mendirikan Shalat subuh tidak lain tidaklah untuk kebaikan kita sendiri.

Di antara manfaat Shalat Subuh adalah menjadikan wajah putih bercahaya, akan menyinari hati dan menguatkannya, menggiatkan jiwa dan menyemangatinya , serta akan member nutrisi bagi ruh dan membeningkannya. Dan juga akan memupus rasa malas, menyegarkan badan, mengembalikan sirkulasi darah setelah tidur, menjaga kesehat, menerpa kesedihan dan kegundahan serta mengusir berbagai penyakit kejiwaan dan penyakit badan loh…

Disamping itu ,ilmu pengetahuan modern telah menyatakan adanya satu gas yakni Ozon yang dimana persentase Oksigen paling tinggi berada pada waktu Subuh, dan akan berkurang ketika menjelang siang (Harian Al-Muslimum). Sahabat Vetriner tahu kan manfaat dari Ozona?, Ya bener banget yakni menetralisir sirkulasi darah di tubuh kita sehingga penyakit yang berhubungan dengan hal tersebut seperti gangguan paru-paru, asama, hepatitis, tertutupnya jalan darah hingga Stroke bisa dicegah dan dinetralisir sehingga akan meningkatkan sistem Imun di tubuh kita yang kemudian akan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap agen-agen penyakit (Aduh mk.Patologi Umum banget yah ^_^)

Nah oleh karena itu Nabi Muhammad saw bersabda:

“Sekiranya mereka mengetahui apa-apa yang ada di dalam shalat Isya’ & Subuh, niscaya mereka mendatanginya meskipun harus dengan mengesot”

Jadi mulai dari sekarang tanamkan niat dan laksanakan Shalat Subuh tepat pada waktunya yah..

Wallahu a’lam bishshawab, wassalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Syiar DKM AN-NAHL

Cp: Viqi 08568283491

Share

Comments are closed.

DKM AN-NAHL mengajak civitas FKH bersama-sama membangun kebaikan dan nuansa islam yang ada dilingkungan khususnya FKH melalui agenda Strategis berwawasan, intelektual dan Madani yang berada di dalam kordinasi Departemen DKM AN-NAHL 1433 H ” Veteriner Madani ” :

1. Syiar :
Departemen yang membidangi Syiar Islam Kreatif ini akan menjadi tombak penyebaran pemikiran dan nuansa Islam melalui […]

Share
Previous Entry

Apa kabar veteriner ?? bagaimana persiapan Ujiannya?? Sip deh Insyallah diberi kemudahan…amien…

Insyallah kali ini Dkm An-Nahl akan membedah sedikit Hikmah ber-Wudhu loh…Referensi yang diambil dari buku

“Al-Qur’an Hidup 24 Jam” karya Dodi Syihab

Jadi Untuk Apa kita berwudhu?

Landasan Berfikir :

“ Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basulah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, […]

Share
Next Entry

Archives