DKM AN-NAHL FKH IPB
Inspiration Vet Muslim

Membaca Rahasia Ilahi

January 28th 2012 in Syiar

                                        Great barrier reef Australia

Orang mengerti sesuatu karena berasal dari membaca, bukan? Sekalipun ada sebagian orang yang sengaja “ngalap berkah” dengan jalan pengabdian besar terhadap kyai agar ada barokah yang menetes, kemudian dari sana timbul pengertian tanpa membaca. Hal ini pernah diperbincangkan secara serius di kalangan para santri.

Didahulukan yang mana antara membaca dan ngalap berkah? Ada yang mengatakan membaca harus lebih dulu, sementara yang lain memprioritaskan ngalap berkah dengan jalan mengabdi terhadap kyai.

Bagaimanapun kegiatan ngalap berkah akan tetap menjadi rahasia Ilahi karena tidak ada rumus baku dalam hal ini. Sementara aktifitas membaca tetap menjadi nomor satu untuk menjadi orang yang berilmu. Bukankah mereka mengerti intisari ngalap berkah juga dari kegiatan membaca? Tahu bahwa seseorang pantas disebut kyai, paham yang namanya bangunan pondok pesantren, semua itu juga dari membaca. Karena kegiatan membaca itu sifatnya relatif, dan berpikir juga termasuk kegiatan membaca keadaan.

Begitu pula saat Nabi Muhammad SAW diberi wahyu pertama oleh Allah SWT. Yang pertama kali diperintahkan adalah untuk membaca. Sebagaimana Firman Allah dalam QS. Al-Alaq 1-6 yang berarti:

“Bacalah (wahai Muhammad) dengan nama Tuhanmu yang telah menciptakan. Telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah! Dan Tuhan sangat Maha Pemurah, yang mengajarkan manusia dengan pena, yang mengajarkan kepada manusia apa-apa yang tidak diketahuinya. Sekali-kali janganlah (menyangkal nikmat Allah). Sesungguhnya manusia amat durhaka.”

Kegiatan membaca adalah cara pertama mengerti pandangan hidup.

Membaca dalam tingkat rendah sampai membaca dalam tingkat pendidikan madrasah atau pesantren, semuanya memberi kontribusi bagi alam berpikir kita. Semuanya berasal dari membaca. Apalagi saat ini sedang berlangsung era informasi, orang tua sampai anak-anak pun tetap membaca. Tujuannya adalah agar kita mengenal hakikat hidup ini dan misteri hidup sesudah mati. Kemudian kita mengerti. Dan setelah kita mengerti, kita jadi tahu apa yang harus dilakukan sebagai orang yang mengerti ilmu agama.

Semoga kita termasuk dalam orang-orang yang diberi pentunjuk oleh-Nya. Amin.

Share

Comments are closed.

Doa adalah salah satu bentuk pengharapan sekaligus kepasrahan manusia kepada Allah terhadap usaha yang dilakukan di dunia maupun untuk tujuan akhirat kelak. Doa juga menjadi penenang batin bagi sifat dasar manusia yang selalu tidak pernah puas atas keadaan yang telah dicapai. Doa boleh diucapkan dalam kalimat panjang maupun pendek dengan berbagai bahasa yang ada di […]

Share
Previous Entry

Amal shaleh yang berupa shadaqoh atau dzikir tahlil dan berbagai jenis perbuatan shaleh lainnya, kalau khusus ditujukan kepada mayit, maka pahala itu sampai kepada mayit dan dapat membahagiakan keadaan nafsaniah roh mayit. Dan tidak ada satu kebijaksanaan bagi keluarga yang ditinggalkan kecuali mendoakan kepada keluarga yang mati.

Kalau tidak sempat berdoa sendiri, Anda hendaknya mengundang para […]

Share
Next Entry

Archives