DKM AN-NAHL FKH IPB
Inspiration Vet Muslim

The Miracle of Doa

January 28th 2012 in Syiar

Doa adalah salah satu bentuk pengharapan sekaligus kepasrahan manusia kepada Allah terhadap usaha yang dilakukan di dunia maupun untuk tujuan akhirat kelak. Doa juga menjadi penenang batin bagi sifat dasar manusia yang selalu tidak pernah puas atas keadaan yang telah dicapai. Doa boleh diucapkan dalam kalimat panjang maupun pendek dengan berbagai bahasa yang ada di dunia.

Kekuatan doa tidak dapat dikesampingkan begitu saja karena Allah adalah Maha Berkehendak. Dia yang mampu mengubah nasib manusia menjadi lebih baik maupun lebih buruk.

Satu hal yang patut dipahami adalah semua doa orang-orang yang beriman sudah pasti akan dikabulkan oleh Allah. Hanya saja kita tidak selalu bersabar menunggu diijabahinya doa tersebut.

Kita hendaknya selalu berbaik sangka kepada Allah dalam berdoa. Kalau doa kita tidak dikabulkan saat ini, mungkin saja doa tersebut akan terwujud pada masa kehidupan anak cucu kita kelak. Sehingga jangan sampai kita lelah berdoa dan memohon kepada Allah untuk mencapai kehidupan yang lebih baik di dunia maupun di akhirat.

Salah satu doa yang paling mujarab adalah doa ibu. Doa ibu adalah bentuk ridho Allah terhadap usaha manusia. Oleh karena itu jangan sekali-kali meremehkan peran serta seorang ibu dalam setiap usaha yang kita lakukan. Sekecil apapun langkah yang kita lakukan hendaknya meminta restu ibu supaya semua rencana yang telah kita susun bisa berjalan dengan lancar, tanpa menemui hambatan, dan berakhir dengan kesuksesa

Nabi Muhammad sendiri telah memberikan nasehat bahwa terdapat waktu-waktu tertentu yang memudahkan doa kita dikabulkan oleh Allah. Diantaranya adalah doa yang dilakukan setelah sholat lima waktu, doa pada sepertiga malam yang terakhir, doa diantara dua khotbah sholat Jumat, doa orang yang sedang teraniaya, doa orang yang sedang berpuasa dan lain-lain. Dalam kesempatan tersebut Allah akan mengabulkan doa manusia lebih cepat daripada waktu-waktu lainnya.

Semoga kita tidak berhenti berdoa karena hikmah dan kekuatan doa besarnya tak terkira. Allah akan mengampuni segala kesalahan hamba-Nya dan memberikan rizki yang melimpah. Amin.

Share

Comments are closed.

Karena keasaman laut secara alami bervariasi dari satu daerah ke daerah lainnya dan dari tahun ke tahun berikutnya, sulit untuk mendeteksi seberapa banyak aktivitas manusia menyumbang pada masalah itu. Dalam sebuah studi yang dilaporkan jurnal Nature Climate Change, para ilmuwan melihat 21.000 tahun ke belakang sejarah iklim untuk mengamati beberapa petunjuk.

Tobias Friedrich, akademis post-doktoral di […]

Share
Previous Entry

                                        Great barrier reef Australia

Orang mengerti sesuatu karena berasal dari membaca, bukan? Sekalipun ada sebagian orang yang sengaja “ngalap berkah” dengan jalan pengabdian besar terhadap kyai agar ada barokah yang menetes, kemudian dari sana timbul pengertian tanpa membaca. Hal ini pernah diperbincangkan secara serius di kalangan para santri.

Didahulukan yang mana antara membaca dan ngalap berkah? […]

Share
Next Entry

Archives