DKM AN-NAHL FKH IPB
Inspiration Vet Muslim

Amal Saleh untuk Bekal Menghadapi Kematian

January 30th 2012 in Syiar

Amal shaleh yang berupa shadaqoh atau dzikir tahlil dan berbagai jenis perbuatan shaleh lainnya, kalau khusus ditujukan kepada mayit, maka pahala itu sampai kepada mayit dan dapat membahagiakan keadaan nafsaniah roh mayit. Dan tidak ada satu kebijaksanaan bagi keluarga yang ditinggalkan kecuali mendoakan kepada keluarga yang mati.

Kalau tidak sempat berdoa sendiri, Anda hendaknya mengundang para tetangga. Lalu bershadaqah kepada mereka dengan cara mengajak tahlilan, kemudian pahala itu ditujukan untuk mayit.

Perbuatan tersebut tidak sia-sia. Terdapat sabda Nabi Muhammad SAW yang memperkuat perbuatan bagus itu. Diriwayatkan oleh Imam Muslim, Nabi bersabda:

“Ada tiga perkara yang mengikuti mayit: dua diantaranya akan kembali, dan satunya akan tetap bersama mayit. Yang mengikuti adalah keluarganya, hartanya, dan amalnya. Maka yang kembali adalah keluarga dan hartanya, dan yang tinggal hanya amalnya.”

Hadist tersebut adalah amal perbuatan shalehnya sendiri. Bagaimana kalau amal shalehnya orang lain. Misalnya keluarga atau dari saudaranya, apakah bisa bermanfaat untuk mayit? Jawabnya: seluruh ulama sepakat bahwa doa kepada mayit itu bermanfaat kepada mayit, dan pahalanya sampai kesana. Mereka membutuhkan doa keluarga yang masih hidup di dunia. Allah berfirman:

“Orang-orang berdatangan sesudah kamu, lalu mereka berdoa: “Ampunilah kami, saudara kami, dan orang-orang yang mendahului kami dengan membawa iman.”

Akan tetapi para ulama juga ada yang berbeda pendapat tentang sampainya pahala membaca Al-Quran kepada mayit. Yang terkenal dari Imam Syafi’i dan ulama jamaah menyatakan tidak sampai. Dan dari madzhab Imam Ahmad bin Hambali, seluruh para ulama, dan seluruh teman-teman Imam Syafi’i menyatakan bahwa pahala itu sampai kepada mayit.

Oleh karena itu, hendaknya kita tidak pernah berhenti mendoakan anggota keluarga yang telah meninggal dunia. Lebih khusus lagi berdoa kepada orang tua yang telah meninggal. Karena doa anak sholeh adalah salah satu amal ibadah yang pahalanya terus mengalir. Dengan mengirimkan doa kepada mereka, hal ini akan menjadi penerang bagi alam kubur yang gelap gulita. Semoga kita diberi tambahan keimanan oleh Allah untuk selalu beramal sholeh dan menghindari kemungkaran.

Share

Comments are closed.

                                        Great barrier reef Australia

Orang mengerti sesuatu karena berasal dari membaca, bukan? Sekalipun ada sebagian orang yang sengaja “ngalap berkah” dengan jalan pengabdian besar terhadap kyai agar ada barokah yang menetes, kemudian dari sana timbul pengertian tanpa membaca. Hal ini pernah diperbincangkan secara serius di kalangan para santri.

Didahulukan yang mana antara membaca dan ngalap berkah? […]

Share
Previous Entry

Islam memerintahkan kepada pemeluknya untuk memilih makanan yang halal serta menjauhi makanan haram. Rasulullah bersabda: “Dari Abu Hurairah ra berkata : Rasulullah saw bersabda: ” Sesungguhnya Allah baik tidak menerima kecuali hal-hal yang baik, dan sesungguhnya Allah memerintahkan kepada orang-orang mu’min sebagaimana yang diperintahkan kepada para rasul ” dan  Allah berfirman: “Hai rasul-rasul, makanlah dari […]

Share
Next Entry

Archives