DKM AN-NAHL FKH IPB
Inspiration Vet Muslim

Perusahaan Sawit Didesak Lindungi Orangutan

February 2nd 2012 in Info

VIVAnews – Presiden Direktur Restorasi Habitat Orangutan Indonesia (RHOI), Jamartin Sihite, mengatakan penyelamatan orangutan tidak harus langsung ke hutan restorasi. Upaya lain yang bisa dilakukan adalah merehabilitasi area konservasi yang di wilayah perkebunan kelapa sawit.

“Opsi penyelamatan dan pelepasan adalah opsi terakhir,” kata Jamartin, Kamis, 2 Febuari 2012.

Namun menurut Deputi Direktur Konseravasi RHOI, Aldrianto Priadjati, ada beberapa perusahaan yang kurang mengerti hal ini. “Di lapangan terjadi gap antara manajemen perusahaan di pusat dengan perusahaan yang di bawah soal area konservasi,” katanya.

Ini menyebabkan upaya perlindungan orangutan kurang maksimal.  “Hanya sedikit areal konservasi untuk orangutan dari perkebunan,” tutut Aldrianto.

Harus Steril

Areal konservasi di wilayah perkebunan sawit itu juga harus steril dari unsur gangguan manusia untuk menjaga kehidupan manusia.

Untuk itu pihaknya siap memberikan bantuan perawatan dan konsultasi orangutan kepada pihak perusahaan sawit. Jamartin juga mendorong perusahaan kelapa sawit untuk menjadikan perlindungan orangutan sebagai komitmen perusahaan dalam memelihara biodiversiti alam.

“Ini harus jadi tanggungjawab biodiversiti perusahaan bagi perusahaan kelapa sawit. Jika tidak perlindungan orangutan akan jadi sampingan saja,” tambah Martin.

Ia mengatakan untuk merehabilitasi orangutan setidaknya butuh 3,5 sampai 4 juta per bulan untuk satu individu orangutan. Untuk satu tahun, perlu biaya 35 sampai 45 juta untuk satu individu orangutan. “Nilai itu sudah (dihitung) saat timbul penyakit tertentu,” jelasnya. (ren)

• VIVAnews

Share

Comments are closed.

REPUBLIKA.CO.ID,  Oleh Dr A Ilyas Ismail

Diceritakan, Zaid ibn Tsabit, seusai pemimpin shalat jenazah, langsung menuju kendaraan (bighal)-nya yang diparkir tak jauh dari masjid. Tiba-tiba datang Abdullah ibn Abbas, memegang kendali bighal dan mengemudikannya. Zaid mencegahnya, tetapi Abdullah terus mengemudikannya sambil berkata: “Demikian aku diperintah (oleh Rasul) untuk menghormati ulama.” Zaid lantas meminta Abdullah menjulurkan tangannya. […]

Share
Previous Entry

Form Pendaftaran

Melalui tulisan, kita dapat berbicara dan melalui tulisan pula kita akan mengerti dan memberikan pengaruh. Lomba menulis dan menggambar tingkat nasional yang diadakan oleh Institut Pertanian Bogor merupakan bentuk apresiasi kepada penulis muda berbakat. IPB mengajak penulis muda berbakat untuk menulis yang dipadukan dengan indahnya pertanian Indonesia.
Lomba menulis inspiratif
Tema: Mengapa Aku harus kuliah di […]

Share
Next Entry

Archives