DKM AN-NAHL FKH IPB
Inspiration Vet Muslim

Semut, Makhluk Kecil, Serangga Sosial Yang Sukses

March 15th 2014 in Info

well, kali ini saya akan share lagi tentang salah satu hewan yang termasuk ke dalam ektoparasit. do you still remember the meaning of ectopharacyte, rihgt? 


yang akan saya bahas kali ini adalah makhluk kecil bernama semut. Pasti kita semua tahu dan pernah bertemu dengan makhluk kecil ini. Ya, semut ini sangat dekat sekali dengan manusia, oleh karena itu pasti tiap waktu kita pasti bertemu dengannya 

Sebagai pengetahuan saja, semut ini termasuk ke dalam Ordo Hymenoptera, dan termasuk Famili Formicidae bersama tawon dan lebah.

Sebetulnya kalo kita detail memperhatikan, semut ini sangat beragam macamnya. Mulai dari yang namanya semut gila (crazy ant), semut madu, semut kayu, semut hantu, semut api, dan sebagainya. You must know, the different of that is soo hard, not seems by naked eyes. Saya pun dulu waktu praktikum sangat sulit sekali membedakan mereka semua -_-. Tapi tenang saja, kali ini saya tidak akan membahas jenis2nya, yang saya ingin share kali ini adalh tentang cara hidupnya yang sangat luar biasa.

Semut adalah serangga sosial yang hidupnya dalam sarang yang lebih kurang bersifat permanen. Ukuran koloninya sangat bervariasi dan biasanya terdapat di dalm tanah, kayu, dan di sela-sela batu. Bisa juga terlihat di dinding kamar, kayu, maupun rumput lapang. Perilaku makannya pun berbeda-beda mulai darii jadi seorang predator, makan bangkai, cairan tanaman, atau secara umum makanan yang mengandung gula, semut ini memang termasuk ke dalam omnivore (pemakan segala)

Semut ini termasuk serangga sosial yang sangat sukses. kenapa disebut demikian? ini karena dalam satu kelompoknya, semut ini sangat teratur sekali dalam segala urusan, dan pembagian kerjanya pun sangat jelas, tidak pernah protes, dan mengutamakan sekali kerjasama. how so great, right?Kita pun pasti pernah melihat betapa hebatnya kerjasama makhluk kecil ini ketika membawa makanan.


Nah, ternyata dalam satu kelompok semut ini ada kasta2nya lho 

Dalam kasta ini lah pembagian kerja semut sangat jelas dan tidak pernah ada yang protes dan mengeluh  silahkan di simak :

Yang pertama adalah yang berjenis kelamin jantan. Semut jantan ini kalau sudah dilahirkan ke dunia, tugasnya hanya untuk reproduksi (artinya hanya untuk mengawini betina saja). Ciri-ciri semut jantan ini yaitu mempunyai sayap.

Yang kedua yaitu Sang Ratu semut. Ratu semut ini berjenis kelamin betina (iya lah namanya juga ratu haha), Sang Oratu ini merupakan semut terbesar di kelompoknya. Kawinnya hanya 1 kali dan kemudian akan merawat anak2nya. (wah setia juga ya cuma 1 kali kawinnya )

Nah kasta yang terakhir ini yang paling banyak, yaitu semut pekerja. Dan SubhanAllah ternyata dalm kelompok semut yang bertugas sebagai pekerja adalah betina, HEBAT! tugasnya pun gak main2 sob, mulai dari merawat sarang dan koloni, mencari dan memberi makan, sampai menjaga telur dan menjadi prajurit pelindung sang ratu.

Keren banget kan bagaimana semut saja mengatur koloninya sedemikian rapih dan teraturnya, dengan tugas yang jelas dari masing-masing kasta, tanpa banyak protes, tanpa banyak mengeluh, karena memang hidupnya dilakukan sesuai fitrahnya, SubhanAllah, Maha Suci Engkau yang telah menciptakkan makhluk kecil, namun sukses dalam bersosial ini.

Mungkin pelajaran yang dapat kita ambil dari kehidupan semut ini adalah bagaimana kita sebagai manusia yang dijadikan khalifah di bumi ini untuk selalu sesuai dengan fitrah. Penuh kerja keras, semangat, saling bekerja sama, saling menghormati, saling menjaga, tanpa harus mengeluh. Ya, kita sebagai manusia harus belajar semua itu dari kehidupan semut  Allah pun telah berfirman yang atinya :

Sesungguhnya usaha kamu memang berbeda-beda (QS Al-Lail /92:4).

…Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran…(QS al-Maidah/ 5 : 2)

Dan katakanlah : “Bekerjalah kamu, maka Allah dan RasulNya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakanNya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan” (QS at-Tawbah /9: 105).

Layaknya semut,Semoga kita selalu berusaha untuk tetap dalam fitrah kita sebagai manusia. Amiin Ya Rabbal Alamiin.

By: Alamsyah Firdaus, FKH 48, Devisi Syiar LDF FKH 1435

Sumber : Buku Panduan Identifikasi Ektoparasit : Bidang Medis dan Veteriner, buah karya dosen saya tercinta drh. Upik Kesumawati Hadi, drh. Dwi Jayanti Gunandini, drh. Susi Soviana, dan drh. Singgih Purnomo Sigit.

Share

Comments are closed.

Ad-Damiri bernama lengkap Muhammad bin Musa bin Isa Kamal ad-Din ad-Damiri. Dilahirkan di Kairo pada sekitar awal tahun 742 H/1341 M dan wafat di Kairo pada tahun 808 H/1405 M. Ketenarannya sebagai penulis muncul pada karyanya ‘Hayat al-Hawayan al-Kubra’ – sebuah ensiklopedia bagi para ahli zoologi yang juga merupakan buku ilmu hewan terbaik pada masa itu. Ensiklopedia […]

Share
Previous Entry

Archives