DKM AN-NAHL FKH IPB
Inspiration Vet Muslim

An Nahl (Lebah)

This page created January 28th 2012

QS 16: AN   NAHL

(LEBAH)

I.Keistimewaan

   Lebah, adalah satu2nya binatang yang disebut  Al Qur’an yang menerima wahyu dari Allah dan namanya disebutkan dalam Al Qur’an

   QS 16:68 — Dan Tuhanmu mengilhamkan (mewahyukan) kepada lebah, “Buatlah sarang di gunung, di pohon2 kayu dan di tempat2 yang dibikin manusia”.

Catatan :

         Jika binatang bisa menerima wahyu, kita (manusia) pun bisa menerima wahyu dalam kadarnya masing2.

         Kalau lebah dapat membuktikan wahyu itu ada dengan madunya, maka tanda manusia mendapat wahyu adalah kebergunaan (madu) yang kita hasilkan (tinggalkan).

         Wahyu = bisikan Illahi

II.Pengertian An Nahl

  1. Binatang yang mempunyai ciri ciri spesial

a.Sarangnya spesial dan letaknya di atas

b.suaranya khas dan mengandung makna (isyarat)

c.tariannya special dan mengandung isyarat —– mengisyaratkan rute jalan yang akan ditempuhnya.

  1. Symbol dari manusia2 yang mempunyai karakter2 khusus

a.Rumahnya spesial dan tinggi, karena:

   –   rumahnya dijadikan basic untuk ibadah (meraih ketinggian)

       QS 16:68 — Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: “Buatlah sarang2 di bukit2,di pohon2 kayu, dan di tempat2 yang dibikin manusia”.

         dimanapun dia berada, selalu menghasilkan madu (kebergunaan)

            b.Kata2 yang diucapkannya adalah pilihan (bermakna)

QS 4:114 — Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan2 mereka, kecuali bisikan2 dari orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah, atau berbuat ma’ruf, atau mengadakan perdamaian diantara manusia. Dan barangsiapa yang berbuat demikian karena mencari keridhoaan Allah, maka kelak Kami memberi pahala yang besar

QS 16:125 — Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang2 yang mendapat petunjuk.

         berdebat itu baik, jika untuk mencari kebenaran bukan kemenangan

               QS 50:18 — Tidak ada suatu kata yang diucapkannya melainkan ada di sisinya malaikat pengawas yang selalu siap (mencatat).

c.Gerak gerik (sikap)nya dijaga

   QS 16:126 — Dan jika kamu memberi balasan, maka balaslah dengan balasan yang sama dengan siksaan yang ditimpakan kepadamu. Akan tetapi jika kamu bersabar, sesungguhnya itulah yang lebih baik bagi orang2 yang sabar.

   QS 16:90 — Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat  mengambil pelajaran.

   Apakah yang harus kita lakukan untuk membalas jasa Rasul? QS 42:23 — Itulah(karunia) yang (dengan itu) Allah menggembirakan hamba2Nya yang beriman dan mengerjakan amal saleh. Katakanlah: “Aku tidak meminta kepadamu sesuatu upahpun atas seruanku kecuali kasih sayang dalam kekeluargaan”. Dan siapa yang mengerjakan kebaikan akan Kami tambahkan baginya kebaikan pada kebaikan itu. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.

Catatan tentang pengertian :

  1. 1.      QS 16:96-97 — Apa yang disisimu akan lenyap, dan apa yang ada di sisi Allah adalah kekal. Dan sesungguhnya Kami akan memberi balasan kepada orang2 yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan. Barangsiapa  yang mengerjakan amal saleh, baik laki2 maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.

         Semua yang kita punya akan lenyap, karenanya lakukanlah kebaikan dengan segera.

  1. 2.      QS 16:75-76 — Allah membuat perumpamaan dengan seorang hamba sahaya yang dimiliki yang tidak dapat bertindak terhadap sesuatupun dan seorang yang Kami beri rezki yang baik dari Kami, lalu dia menafkahkan sebagian dari rezki itu secara sembunyi dan secara terang2an, adakah mereka itu sama? Segala puji hanya bagi Allah, tetapi kebanyakan mereka tiada mengetahui. Dan Allah membuat (pula) perumpamaan: dua orang lelaki yang seorang bisu, tidak dapat berbuat sesuatupun dan dia menjadi beban atas penanggungnya, ke mana saja dia disuruh oleh penganggunya itu, dia tidak dapat mendatangkan suatu kebajikanpun. Samakah orang itu dengan orang yang menyuruh berbuat keadilan, dan dia berada pula di atas jalan yang lurus?

–   Yang disebut budak pada saat ini adalah seseorang yang dalam hidupnya tidak menghasilkan apa2.

III.Keuntungan / Manfaat madu Illahi

     Yang dapat kita tiru dari Lebah, adalah:

                      Sebelum menghasilkan madu (kebergunaan) untuk orang lain, hasilkan madu untuk diri sendiri terlebih dahulu yang  berupa salam dari Malaikat QS 16:30-32

     Kesimpulan:

               Keuntungan dari madu Illahi adalah mendapat salam dari Malaikat, seperti terdapat pada :

     QS 16:30-32 — Dan dikatakan kepada orang2 yang bertakwa: “Apakah yang teah diturunkan oleh Tuhanmu?” Mereka menjawab: “ (Allah telah menurunkan) kebaikan”. Orang2 yang berbuat baik di dunia ini mendapat (pembalasan) yang baik. Dan sesungguhnya kampong akhirat adalah lebih baik dan itulah sebaik2 tempat bagi orang yang bertakwa.

     (Yaitu) surga ‘And yang mereka masuk ke dalamnya, mengalir dibawahnya sungai2, di dalam surga itu mereka mendapat segala apa yang mereka kehendaki. Demikianlah Allah memberi balasan kepada orang2 yang bertakwa.

     (yaitu) orang2 yang diwafatkan dalam keadaan baik oleh para malaikat dengan mengatakan (kepada mereka): “Salaamun’alaikum, masuklah kamu ke dalam surga itu disebabkan apa yang telah kamu kerjakan”

Share

 

 

 

Moments Of DKM AN-NAHL 1432 H

1. PHBI (Peringatan Hari Besar Islam)
Kunjungan ke pondok pesantren Al Qur’an Al Muhajirin , Desa Leuwimekar, Kec. Leuwiliang, Kab. Bogor yang diikuti dengan kegiatan perlombaan untuk santri pondok pesantren tersebut Perlombaan yang ada diantaranya lomba kaligrafi, lomba azan, sari tilawah, peragaan busana muslimah, dan puisi. Acara diakhiri dengan bakti sosial […]

Share
Previous Entry

Program Kerja Annahl 1433 H

 

Share
Next Entry

Archives